Gudang Tutorial adalah website tentang berbagai tutorial seputar Android, Komputer, internet, dan Seputar sekolah

Gudang Tutorial

LightBlog

Breaking

LightBlog

Minggu, 05 Februari 2017

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jenis Jaringan Komputer 
(LAN, MAN, WAN,Intranet, dan Internet) 

Jenis Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah Kumpulan beberapa Komputer dan peralatan lain yang saling berhubungan antara komputer satu dengan komputer lain menggunakan aturan aturan tertentu. Jaringan komputer berdasarkan ruang lingkup yaitu (PAN, LAN, MAN, WAN). Jenis Jenis Jaringan Komputer tersebut antaralain LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Intranet dan Internet

Berikut Jenis Jaringan Komputer : 

1. LAN Local Area Netwok 
Local Area Network (LAN), Merupakan jaringan komputer yang digunakan oleh suatu kelompok organisasi untuk berbagi sumber daya seperti printer dan file. LAN biasanya dibangun dan dikelola oleh berbagai organisasi yang memanfaatkan teknologi. Teknologi LAN antara lain Ethernet, Tokeng Ring dan FFDI. LAN (Local Area Netwotk) mencangkup antar gedung atau dalam satu kantor. Contoh LAN (Local Area Network) adalah WIFI. 

2. MAN Metropolitan Area Network 
Metropolitan Area Network (MAN), Merupakan pengembangan LAN yang berukuran lebih luas dan menggunakan teknologi yang sama seperti LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya beredekatan atau juga berbeda kota dan dapat juga dimanfaatkan untuk keperluan peribadi (personal) atau umum. MAN mampu mengirim berbagai data dan suara. Bahkan dapat menghubungkan  jaringan televisi kabel. Jangkauan MAN mencangkup suatu kota.

3. WAN Wide Area Network  
Wide Area Network (WAN), Jangkauannya dapat mencakup daerah geografis yang luas meliputi sebuah negara bahkan benua. WAN memungkinkan terjadinya komunikasi diantara dua Device yang jauh terpisah. WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang selanjutnya menyedikan akses ke komputer komputer atau file server pada lokasi lain. Beberapa teknologi WAN antaralain (Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan Sonet).

4. Intranet
Intranet menggabungkan jaringan LAN dan Web Server yang terpasang pada suatu jaringan LAN. Web Server digunakan untuk melayani permintaan pengguna internal suatu organisasai untuk menampilkan data file dan gambar. Intranet ini mempunyai sifat tertutup (Private) yang berarti user / pengguna dari luar organisasi tidak dapat mengaksesnya.

5. Internet
Sebenarnya sangat banyak jaringan di dunia ini. Banyak yang menggunakan perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang beragam. User yang terhubung ke jaringan Internet dapat berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya (Dalam lingkup Internet). Untuk melakukan melakukan komunikasi diperlukan sebuah gerbang yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan agar dapat melakukan komunikasi, untuk perangkat keras ataupun perangkat lunaknya. Kumpulkan jaringan yang terinerkoneksi ini yang biasa disebut dengan Internet.

Dari ke 5 Jenis Jaringan Komputer diatas, Pastinya memiliki Topologi. Nah, Dilain waktu Admin akan menjelaskan tentng Macam Macam Topologi Jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar